Sabtu, 29 Desember 2012

Review Film Suka-Suka (5 cm)

gambar dari sini
Jadi yah, dari jaman-jaman kuliah gw udah baca novel ini. Gw suka banget sama novel nya, sebagai banci quotes gw cukup terpuaskan dengan quote-quote yang ada di dalemnya. Awalnya sih gw tertarik sama novelnya karena judulnya yang unik, sama cover novel nya juga keren. Udah lama liat di toko buku tapi belum ada uang kesempatan buat beli.

"Lah, katanya suka sama buku nya, kok ga punya buku nya ??"
Kan suka bukan berarti harus memiliki kan yaah,, #sakarepmuGiiit.

Dan beruntungnya gw, ternyata temen kuliah gw udah ada yang punya bukunya. Jadi lah gw minjem dan baca novel nya.



Setelah beberapa tahun kemudian, eh... Ternyata buku nya mau dibikin film. Ngeliat buzzer kanan-kiri. Mulai dari Timeline Twitter, dari promo-promo di tipi, sampe ada temen gw yang bikin countdown sampe launching film ini, bikin penasaran aja kan. Dan gw pun bertekad harus nonton Premiere film ini tepat tanggal 12 -12-12. Tapi namanya juga hidup yah, kadang sesuai rencana kadang ngga juga. Gara-gara ga ada temen nonton banyak kerjaan terpaksa lah ke pending rencana nonton film ini.

Setelah beberapa hari setelah launching film ini pun akhirnya gw berkesempatan buat nonton filmnya. Ekspektasi gw ga mau berlebihan banget lah, takut kecewa. Fokus utama gw cuman ke Pevita yang jadi 'Arinda' dan adegan 'G-String Arinda' nya.

Mari kita ulang kalimat di atas..

Pevita Pearce ..

Cantik..

G-String..

*menerawang*

*mimisan*

KEMUDIAN DIGAMPAR BU USTAD

Maafkan aku ya kawan-kawan :D

Kita mulai Review suka-suka nyaaaa..
Di mulai dari pemerannya aja kali yah. Di bayangan gw saat baca novelnya tampang karakter-karakter di sini mukanya akan sangat manusiawi *muka manusiawi iku opooo*. Tapi karena dibikin film supaya lebih menjual, sudah pasti akan menggunakan rumus yang sama dengan beberapa film yang lain : pemerannya cakep semua. Ini udah kelewatan cakepnya. Sumpah deh. Coba deh bayangin, ada satu geng 5 orang, isinya orang-orang cakep semua ngeriung jadi satu. Itu tiap mereka nongkrong, gw yakin orang-orang sekitar situ bakalan minder karena kecantikan dan ketampanan mereka seperti tidak berarti gara-gara udah kesedot sama geng 5 cm ini. *stress ngeliat orang cakep*.

Tapi oke kok cast nya menurut gw mah, cocok-cocok aja dan ga terlalu jauh dari apa yang gw bayangin saat gw baca novel nya. Lagin kapan lagi kan ngeliat G-String nya Pevita #TETEPKONSISTEN. Di film ini gw suka banget sama Junot yang jadi Zafran. Menurut gw, dia tuh megang banget karakter si Juple. Juple yang 'seniman' banget, yang suka banget sama Arinda, ceplas-ceplos nya dapet lah.

Terus dari segi ceritanya..
Di sini kan ceritanya 5 sekawan (Arial, Genta, Rianti, Ian, dan Zafran) yang udah sahabatan dari SMA sampe (hampir semua) udah kerja. Saking akrabnya, tiap weekend ga pernah mereka kepisah. Selalu aja barengan. Dan mereka pun bisa dibilang ga punya temen lain selain di luar geng ini. Ngeri jenuh, akhirnya Genta pun ngusulin untuk pisah dulu, putus komunikasi. Setelah rundingan pun, semuanya setuju buat ga ketemu biar pada bisa saling ngejar cita-cita dan keinginan mereka yang belum kesampean -kaya si gendut Ian yang belum wisuda sendirian, atau si Arial yang keker, ganteng tapi masi jomblo- dan ketemuan lagi 3 bulan kemudian dan bikin surprise-trip yang dibikin sama si Genta. Yang pada akhirnya ketauan kalo mereka semua akan ngedaki Gunung Semeru, buat ngerayain 17an di titik tertinggi pulau Jawa.

Secara keseluruhan sih film nya bagus dan menghibur banget, apalagi di scene-scene awal. Soal view nya jangan ditanya lah yaa, udah pasti BAGUS BANGET !! Ranu Kumbolo nya meeeen, kereeen bangeet. Beda banget sama danau-danau yang sering gw kunjungin.. *anak setu*. Eh iya cerita di film nya kaya nya sedikit dirubah yah, dengan pengurangan beberapa tokoh yang emang ga mungkin ditampilin semua. Kaya ending akhir nya si Genta malah deket sama Arinda. Padahal di novel nya -kalau ga salah- si Genta itu nikah sama temen kerjanya Riani *au lupa siapa namanya* terus si Arinda sama cowo yang ketemu di Gunung Semeru *gw juga lupa namanya siapa*.

Dan mungkin beberapa kekurangannya di mata gw yah *belaga kritikus film*. Ngangkat mood penontonnya udah bagus, dengan gaya ngobrol, candaan geng 5 cm ini yang bener-bener realistis banget. Berasa kaya emang bener lagi ngeliat sekumpulan anak muda ngumpul terus becanda-becanda. Tapi yang bikin rada timpang adalah ketika beberapa scene mereka tiba-tiba jadi puitis nasionalis gitu. rada gimana aja gitu pas denger sekelompok muda-mudi yang gaya bicara nya ceplas-ceplos terus tiba-tiba puitis. Kaya pas adegan di jeep. Oke lah mungkin emang kata-kata nasionalis puitis yang mereka ucapin itu jadi 'khas' nya 5 cm, tapi mbok ya rada diperlunak lah bahasanya jadi ga timpang aja. Sama kaya pas mereka akhirnya udah sampe di puncak Mahameru, itu tuh rada off banget menurut gw.
Gini deh, gw pernah dulu nyoba ngeliat sun-rise di Bromo *meskipun gagal* dan bentuk syukur serta bangga sama tanah air yang kita lakukan adalah..

Foto-foto tiada henti

Lo semua juga ngaku deh, tiap ngeliat pemandangan yang keren pasti pada foto-foto kan, sambil ngarep ada sinyal yang oke buat di-share ke social mediakan??  #BaladaAnakMasaKini. Dan rada gimanaa gitu pas mereka bejejer berlima di bawah bendera Merah Putih ngucapin syukur dan terimakasih nya ke Indonesia, dengan beberapa orang di belakang mereka yang diem aja dengerin mereka. Lebih off nya lagi, tiba-tiba Drang-orang yang di belakang geng 5 cm ini pada pelukan setelah Genta cs ngucapin syukur. di bayangan gw juga saat mereka ngucapin syukur dan bangga nya tuh dalam keadaan mereka duduk ngeriung, bukan berdiri bejejer sambil teriak-teriak-an. Berasa lagi liat iklan kolosal gitu.

Dan tolong banget kalian jelasin gw, gimana caranya si Raline as Rianti dan Pevita as Arinda rambutnya bisa tetep oke meskipun udah ngedaki gunung segitu lama nya. Ga make lepek, tanpa diiket, tanpa keramas.

Tapi, ya namanya juga film yah. Kalo gw ngomong kaya gini yang ada nanti pala gw digetok kamera terus disuruh bikin film sendiri.

Ya segitu deh review singkat gw. Meskipun review nya suka-suka gini, tapi gw suka kok sama film nya. Ga diraguin lagi lah ya ngeliat yang jadi sutradara mas Rizal Mantovani. Pemandangannya keren ga make tapi, Ranu Kumbolo nya, Samudera di atas awannya, sayang bunga edelweis nya ga di-shoot yah. Akting pemainnya juga patut banget diapresiasi. Walau ada adegan yang off tapi twist nya dapet banget, sukses bikin gw ketawa-ketiwi.

Yuk kita dukung film Indonesia yang lagi keren-kerennya ini :D

See you in other post..

here is she :3

0 komentar:

Posting Komentar